PENCANANGAN PENANAMAN POHON
DAN PANEN RAYA LAK

Kepala Biro Bin KSDH Perum Perhutani Unit II Jawa Timur pada hari Rabu tanggal 16 Desember 2009, Mencanangkan Penanaman Pohon di KPH Probolinggo Tahun 2009 dan melaksanakan Panen Raya Lak tepatnya di Petak 35 RPH Taman Barat BKPH Taman KPH Probolinggo.
Dalam sambutannya Ir. Dwiono Rahardjo menyampaikan, dengan dicanangkanya Penanaman pohon ini diharap dapat memberikan gairah bagi kita semua dalam pembuatan tanaman, karena keberhasilan Tanaman adalah keberhasilan Perusahaan, karena sampai saat ini 80% penghasilan perusahaan adalah dari produksi kayu.
Guna Peningkatan keberhasilan Tanaman, Saat ini Perhutani melaksanakan Silvikultur Intensip dalam rangka pembuatan tanaman yang mana dalam kegiatan ini kita bukan hanya menanam pohon, tetapi juga mulai dari persiapan, pembuatan lobang harus betul betul tepat, sampai dengan pemupukan baik pupuk organik maupun an organik guna keberhasilan dari kegiatan tanaman.
Untuk lokasi Budidaya Lak, agar dilaksanakan Kegiatan Kerapatan Tanaman ( KRT ) sehingga jumlah pohon per hektar ( N/Ha ) nya sesuai dengan standard tanaman, sehingga dapat meningkatkan produksi dari budidaya Lak cabang,
Selain dari Tanaman kesambi juga ada jenis tanaman lain yang dapat digunakan sebagai inang dari pada kutu lak sebagaimana Accacia Filosa dan Ploso, bila perlu dilaksanakan pencangkokan dari jenis tersebut guna percepatan pertumbuhan, sehingga dapat segera ditulari kutu lak, dengan cara tersebut dapat membawa Banyukerto mencapai masa kejayaannya kembali, sebagaimana pada massa Van Der Hoven, Administratur Banyukerto yang pertama.
Panen raya lak kali ini dilaksanakan di petak 35f dengan luas 7.5 Ha, dari sampling pemanenan beberapa pohon didapati hasil produksi lak cabang sebanyak ± 2500 Kg, melihat dari hasil tersebut dapat diprediksi produksi Lak Cabang di petak 35f dapat menghasilkan ± 20.000 Kg …………. Gt

1 komentar:

Unknown mengatakan...

Salam,...
Salam hormat;
Saya tertarik dengan produksi kutu lak kph perhutani Probolinggo.
Adakah nomor telp ( sellular ), nomor WhatsApp yang dapat saya hubungi?
Terimakasih.

Posting Komentar